Langsung ke konten utama

Unggulan

Pusing Gimana Download Video Di Youtube? Let See!

Assalamualaikum teman-teman dan para blogger, kali ini admin akan kasih tau cara download video di Youtube dengan cepat dan mudah. Sebelum admin kasih tau caranya alangkah lebih baiknya admin kasih tau Youtube itu apa sih? ya Youtube sendiri adalah website yang menyediakan fasilitas untuk berbagi video dimana kalian bisa mengunggah dan menonton video sesama pengguna Youtube. Alasan admin buat tutorial ini karena mungkin masih ada beberapa diantara kalian yang belum tahu bagaimana cara download video di situs Youtube. Perlu kalian tahu sebenarnya banyak cara untuk download video di situs berbagi video ini dan bahkan pada dasarnya cara dengan mamasukan url Youtube pada situs downloader online sudah banyak dan ini satu dari banyak cara yang paling mudah dan sederhana menurut admin. Oke tanpa basa-basi mari kita lihat caranya. Pertama kalian buka situs Youtube pada browser kalian seperti gambar dibawah: Selanjutnya kalian bisa pilih video yang akan kalian download. Pada contoh

Gapunya budget untuk beli Hardisk Eksternal? Kabel LAN Solusinya!


Assamualaikum teman-teman dan para blogger, kali ini admin akan kasih solusi bagi kalian yang bingung gimana sih caranya sharing data entah itu data berukuran besar atau kecil baik itu data penting atau data pribadi seperti lagu dll. Cukup dengan Kabel LAN kalian sudah bisa berbagi data tanpa harus beli hardisk eksternal ataupun koneksi internet.

Sebelum admin kasih solusinya, kalian perlu tahu juga apa itu Kabel LAN dan fungsinya untuk apa dan mungkin bagi beberapa orang contohnya seperti saya yang memang lulusan dari SMK dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan tentunya sudah menjadi makanan sehari-hari.

Baik apa itu Kabel LAN ? terdiri dari 2 kata yaitu Kabel dan LAN ? Kabel sendiri secara umum adalah sebuah alat yang digunakan untuk mentramisikan sinyal sedangkan LAN sendiri adalah istilah dalam ilmu jaringan komputer yang artinya jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil seperti kampus, rumah dll. Jika digabungkan maka maksudnya adalah kabel atau media transmisi yang digunakan pada jaringan LAN. Sudah paham bukan? yuk mari kita intip solusinya seperti apa..

1. Siapkan bahan-bahannya seperti PC dan Laptop lalu kabel LAN yang sudah siap dipakai. Untuk kalian yang masih bingung gimana cara buat atau beli kabel LAN kalian bisa cari tahu digoogle ya, namun jika buat sendiri harus ada alat dan bahannya seperti Crimping, konektor RJ45 dan yang terpenting kabelnya seperti yang admin punya merk AMP CAT 5E. Kok kabel ada kategorinya? ya setiap kabel memang punya kualitas kecepatan transmisi data yang berbeda-beda.

2. Dalam kasus ini admin akan menshare data dari PC ke Laptop. Perlu kalian tahu juga untuk pembuatan kabel LAN sendiri tidak sembarangan ada aturan yang dipakai saat pembuatan kabel LAN dan dalam kasus ini adalah Kabel LAN untuk PC-Laptop yaitu menggunakan kabel tipe Cross. Perlu diperhatikan juga maksud dari tipe Cross ini adalah bukan tipe kabel yang kalian akan beli namun urutan saat kalian melakukan Crimping sehingga menghasilkan kabel dengan tipe Cross.

3. Nah setelah kalian baca penjelasan diatas mari kita mulai dengan menghubungkan kabel LAN yang sudah kalian siapkan baik dari hasil karya sendiri maupun beli. Kalian bisa hubungkan kabel tersebut pada lubang atau port ethernet masing-masing PC. Bagi yang belum tahu bisa lihat dibawah ya


4. Selanjutnya adalah memasukan IP Statis ke PC pertama dengan cara klik Start > Control panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter Setting > Klik kanan Local Area Network > Properties > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) > Properties dan isi seperti gambar dibawah dan klik ok jika sudah selesai. Pada kasus ini PC 1 menggunakan OS Windows 7 dan pada dasarnya tahapannya tidak berbeda dengan OS lain.


Penjelasan IP diatas :
-IP Address : 192.168.100.2 (PC 1)
-Subnet Mask : 255.255.255.0

5. Masih dalam PC 1 setelah kalian melakukan pengisian IP lalu tahap selanjutnya memilih folder yang akan dishare ke PC 2 (Laptop) dengan cara Klik kanan folder > Properties > Tab Sharing > Advanced Sharing > Ceklis "Share this folder" > OK. Selesai untuk PC 1 dan mari kita pindah ke PC 2.



6. Setelah tahap-tahap pada PC 1 diatas selesai mari kita masuk ke PC 2. Ditahap ini kalian cukup dengan memasukan IP Statis saja seperti gambar dibawah dan untuk tahapannya sebetulnya seperti tahap diatas ya. Di ingat juga di PC 2 kalian tidak perlu share folder ya cukup di PC tujuan saja.


Penjelasan IP diatas :
-IP Address : 192.168.100.1 (PC 2)
-Subnet Mask : 255.255.255.0

7. Setelah PC 1 dan PC 2 selesai kita masukan IP maka langkah selanjutnya adalah mengecek konektifitas antara PC 1 dengan PC 2 apakah sudah terhubung atau tidak. Caranya dengan menggunakan utilitas PING. Kalian bisa mulai dengan membuka CMD pada PC 2/PC 1 dengan cara buka run dengan mengetikan Windows + R lalu ketikan CMD. Setelah kalian masuk ke layar hitam CMD tersebut kalian bisa lakukan ping misalkan dari PC 2 - PC 1 maka kalian ketikan: ping 192.168.100.2 -t (-t sendiri agar proses ping tidak behernti) ketik CTRL + C untuk berhenti. Untuk Penjelasan berhasil tidaknya maka akan tampil pesan reply dan itu menandakan kalian berhasil loh.



8. Jika pada tahap PC 1 dan PC 2 sudah selesai langkah selanjutnya adalah anda membuka folder yang sudah dishare pada PC 2 (Laptop) dengan cara seperti dibawah.
- Pertama buka run dengan cara klik Windows + R pada keyboard
- Lalu ketikan \\192.168.100.2 (IP 192.168.100.2 tersebut adalah IP yang sudah kalian isi pada PC 1 ya)


9. Setelah tahap 4 berhasil maka kalian akan masuk ke tahap login dimana tahap ini kalian membutuhkan username dan password. Untuk username dan password sendiri kalian bisa dapatkan di User Account pada Control Panel PC 1 kalian ya. 



10. Setelah tahap login berhasil maka anda sudah dinyatakan berhasil dan akan masuk ke folder yang sudah dishare pada PC 1 sebelumnya seperti gambar dibawah.



Semoga Bermanfaat ya




Komentar

Postingan Populer

Baca juga

loading...

Kontak

Nama

Email *

Pesan *